Pages

Senin, 21 Oktober 2019

Dengan MEBO dan mederma Dalam P3K, Beraktivitaslah Dengan Bahagia di Rumah Tanpa Rasa Khawatir



"Tu emak tangannya kena api kompor meledak, lupa narok korek gas dekat kompor dan meledak sampai kompornya ikut mencelat. Apinya nyambar tangannya, kecipratan minyak panas juga. Nggak mau dibawa ke dokter, minta belikan saleb saja, tapi sudah seminggu ngeluh terus perih" chat keponakan di WA yang menceritakan kondisi Ibu, langsung membuat hati mencelos dan sambil ngomel “Kenapa baru cerita sih?”

Langsung saya video call dan menanyakan kabar Ibu, yang kemudian hati kembali terasa sedih tak terhingga melihat bagaimana kondisi tangan kanannya yang mengalami luka bakar lumayan mengkhawatirkan. Bukan sekedar ringan, dengan luka lumayan lebar sepanjang tangan dan kulit mengelupas lembab.

Ibu dengan MEBO kiriman penuh cinta dari saya, yang bahkan untuk masa penyembuhannya yang tidak sampai 10 hari, tidak menghabiskan satu TUBE 😍
Sangat wort it



Kalau di rumah sedang tidak ada kakak, Ibu memang lebih nyaman masak menggunakan kompor jadul berbahan bakar minyak. Beliau sangat parno dengan kompor gas. Sayangnya hari itu lupa meletakan korek gas di sebelah kompor, yang saat terkena panas tinggi, korek gas pun meledak. 

Bahkan Ibu sempat cerita kalau sejak kejadian seminggu sebelumnya, beliau tidak bisa banyak beraktivitas karena perih dan tidak bisa tersenggol benda atau apapun. Saat video call, terlihat luka kulit terkelupas tersebut lembab agak basah, khas luka bakar yang lumayan mengkhawatirkan.


Beliau juga sempat berkata "Awal kena, langsung tak siram air dan setelahnya tak olesi odol, terus besoknya dibelikan masmu saleb luka bakar yang biasanya. Tapi sampai sekarang sudah satu minggu masih belum kering dan lumayan perih. Kulit tua, kalau luka sekarang susah dan lama sembuhnya"

Kejadian pada akhir Maret lalu, sekitar 10 hari setelah saya mengikuti gathering "Aksi Nyata Untuk Luka Bakar Anda" yang diadakan MEBO bersama Watson Indonesia di Mall Margo City Depok yang rerportasenya MEBO, Cara MEngatasi Luka Bakar Dengan Tepat saya tuliskan di sini.

Brand Activation Manager Combiphar, Bapak Herry Firmanto memberi sambutan di awal acara
Dan spontan saya yang masih ingat semua penjelasan narsum di acara, langsung menjelaskan ke Ibu kalau jangan pernah lagi menggunakan odol dan bahan-bahan lain yang tidak berfungsi semestinya. Selain kandungannya tidak bermanfaat, hanya sekedar memberi efek dingin sesaat karena mengandung mint, yang ada bisa mengakibatkan infeksi.

Dan spontan pula saya bilang bahwa saya baru beli saleb MEBO yang sebenarnya saya belum pernah mencoba, karena baru mengenalnya saat gathering dan benar-benar baru tahu bahwa ada saleb luka bakar seunik MEBO. Yang memiliki bau khas selai kacang. Saya bilang ke Ibu kalau akan mengirimkan saleb tersebut via kurir ke Kalimantan Selatan, biar bisa digunakan oleh Ibu.



Saya juga menjelaskan cara penggunaan yang dioles tipis-tipis saja dan fungsinya merawat luka bakar yang menjadikannya lebih cepat kering, mencegah infeksi dan mencegah peradangan kulit lebih luas.

Ibu sempat bergumam "Harganya lumayan ya, tapi di sini apa ada? Kan Kota Kabupaten kaya di sini tu susah nyari produk-produk begitu. Tapi Kalau punyamu dikirim, nanti kamu gimana?" Ya, ibu tetaplah Ibu, yang dalam kondisi sakit masih selalu memikirkan anaknya.

"Mak, sudah nggak usah dipikir soal harga sih, ini anakmu masih cukup muda untuk cari duit dan kuat beli lagi untuk simpanan sendiri. Yang sekarang luka kan emak, saleb yang dibeli kemarin sudah terbukti lama sembuhnya, sudah satu minggu luka belum kering sama sekali. Ini saja besok aku kirim dengan layanan saru hari sampai, nanti aku gampang beli lagi. Selain itu aku juga penasaran dengan saleb ini sih, beneran serius lebih cepat sembuhnya dan minim bekas kalau menggunakan ini? Nanti kalau sudah sampai langsung digunakan dan cerita ya, bagaimana reaksi dan khasiatnya"

Dr. Afriyanti Sandhi, SpBP-RE, MARS
Besoknya saleb MEBO yang kubeli di Watson Depok benar-benar terbang ke Kalimantan Selatan, tepatnya di Pelaihari, salah satu kota Kabupaten yang 2 jam perjalanan dari Ibukota Banjarmasin. 

Sebagai anak yang tidak bisa ikut merawat setiap hari karena jauh di Jakarta, saya hanya berfikir ”Ini sebagai ungkapan rasa cinta saya”. Sesimple itu mikirnya dan sempat sedih semalaman, bahkan sampai nangis ke suami “Sedih banget kalau lagi begini, orang tua ada apa-apa hanya bisa mantau lewat video dan kirim saleb saja” 

Sambil menghibur diri, bahwa saleb ini semoga khasiatnya sesuai dengan yang diklaim saat acara. Dengan plus cinta saat mengirimnya, saya benar-benar berfikir inilah ikhtiar terbaik saya sebagai anak untuk luka bakar Ibu.

Hernita Astriani, S. Farm, Brand Manager Mebo Mederma Combiphar
Setelahnya hampir setiap hari saya telpon Ibu memantau perkembangan lukanya. Alhamdulillah ya Allah, hanya dalam waktu dua hari menggunakan MEBO luka sudah mulai mengering, tidak lembab lagi. Dan saya maupun Ibu dan kakak lumayan takjub. Hingga tidak sampai sepuluh hari dengan pemakaian rutin, lukanya benar-benar kering.

"Ancen apik yo saleb'e, wingi seminggu dikek'i saleb kae ora garing-garing. Iki rong dino tok langsung ketok hasile. Perihe kurang yo’an (Memang bagus ya salebnya, kemarin seminggu diberi saleb yang itu nggak kering-kering. Ini hanya dua hari langsung terlihat hasilnya. Perihnya jugaberkurang signifikan)" Ibu berujar di telpon.

Saya juga menjelaskan bahwa di acara juga dijelaskan bahwa luka yang mulai tidak berair dan terlihat mulai kesat menuju kering belum bisa dibilang sembuh, tetap pakai saleb MEBO menjaga kelebaban kulit dan mencegah infeksi atau luka yang dalam yang lebih parah.

Ini salah satu pengalaman saya dengan MEBO, yang membuat saya sangat yakin kembali membeli MEBO dan menjadikannya salah satu dari produk wajib yang ada di kotak P3K saya. Karena testimoni terbaik adalah “Pengalaman sendiri”.

Dan minggu lalu, saat diajak mak Tanti, KOL MEBO - mederma hadir di Women's Commumity Gathering dengan tema "Regret Comes Later" Bebas Beraktivitas di Rumah dengan Meminimalkan Resiko Luka Bakar Ringan di Grand Kemang Hotel tentu saja saya langsung "Iya" tanpa banyak mikir lagi.

Menghadirkan sharing Dr. Afriyanti Sandhi, SpBP-RE, MARS. Hernita Astriani, S. Farm, Brand Manager Mebo Mederma Combiphar dan demo masak happy bareng Chef Benny Sarta dari Grand Kemang Hotel Jakarta. 

Berikut rangkuman materi dari gathering keren ini. Yang pertama tentang penyebab, jenis dan cara penanganan luka bakar. 

Kita, terutama dalam peran sebagai Ibu harus tahu bahwa lebih dari delapan puluh persen kecelakaan luka bakar terjadi di rumah. Dan lebih dari lima puluh persen penyebab utama adalah air panas dan cipratan minyak panas. Sama dengan sekitar 2,2% prevalensi kejadian di Indonesia dan 69% terjadi di rumah yang 21,5%-nya diakibatkan air panas dan minyak panas. 

Saat terkena luka bakar, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah pertama jangan panik dan langsung matikan atau jauhkan sumber luka bakar tersebut. Kalau setrika, langsung cabut kabel, matikan dan jauhkan. 

Cara memadamkan api yang mengenai tubuh dengan benar 

Apabila terkena api yang menyambar baju, matikan sumber api, arahkan tubuh ke bawah, menunduk atau rebahkan tubuh ke lantai dan gulingkan ke lantai. Kalau terkena sengatan listrik, langsung cabut kabel aliran dari stop kontak. 

Langkah selanjutnya, apabila bagian tubuh yang terkena luka bakar tertutup pakaian, langsung lepaskan. Dinginkan bagian kulit yang mengalami luka bakar dengan air suhu ruangan yang mengalir. Setelah suhu mulai dingin, keringkan bagian yang mengalami luka bakar dengan kain lembut atau kasa yang bersih dan tidak mudah lengket.

Cara mendinginkan luka, sebelum diberi pengobatan dengan Saleb Luka Bakar


Selanjutnya langsung oleskan saleb luka bakar yang tersedia dalam kotak P3K. Sejak mengenal MEBO Maret lalu disusul pengalaman Ibu, saya memilih MEBO berada dalam kotak P3K saya.

Stop dengan segala macam mitos yang masih banyak diikuti oleh masyarakat kita. Seperti mengoleskan mentega, pasta gigi dan kecap dan sebagainya. Karena kandungannya benar-benar tidak bermanfaat dalam merawat luka bakar, juga bisa mengakibatkan infkesi karena tidak higienis.

Namun bila luka cukup dalam, setelah pertolongan pertama di rumah langsung bawa ke dokter secepatnya. Di mana luka bakar terbagi tiga derajat, dari sini kita bisa memutuskan dan melihat apakah luka perlu dibawa ke Rumah Sakit atau tidak. 

Derajat pertama luka bakar ringan yang menyebabkan kulit merah atau bengkak tanpa melepuh. Salah satu penyebabnya terkena sinar matahari. 

Derajat kedua, luka bakar yang menembus lapisan bawah kulit yang menimbulkan gelembung berisi cairan, lembab dan nyeri.

Chef Benny Sarta dari Grand Kemang Hotel Jakarta yang mengajak kita aware dengan tata letak peralatan dapur, agar tercipta suasana nyaman saat measaka dan minim kecelakaan luka bakar

Derajat ketiga yaitu luka bakawa yang menembus bagian dalam jaringan kulit, jaringan otot bahkan hingga ke tulang. Terkadang bahkan tidak menimbulkan nyeri karena sudah mati rasa. 

Kita harus benar-benar aware dengan jenis luka bakar yang kita ataupun orang terkasih alami, agar dapat memberikan perawatan yang tepat dan tidak meninggalkan scar ringan atau scar keloid. 

Namun sebenarnya apabila benar-benar aware dan peduli dengan orang terkasih di rumah, semua kejadian bisa dicegah atau diminimalkan dengan beberapa cara, di antaranya :
  • Jauhkan dari jangkauan anak barang atau benda yang mengakibatkan luka bakar dengan membuat tempat lebih tinggi dari tubuh anak atau dari pinggang irang dewasa. Seperti meja dapur, meja microwive, dispenser dan lain-lain. 
  • Pahami cara memasak dengan benar, seperti membuka tutup panci dengan kondisi air arau kuah mendidih dengan cara digeser pelan, bukan diangkat ke atas. Ayo siapa yang selama ini langsung diangkat dan saat uap panas menerjang tutup panci langsung mencelat terlempar spontan karena kaget? *Iya, saya salah satunya😭*
  • Tutup dan amankan semua stop kontak listrik atau pasang lebih tinggi dari tubuh anak-anak dan pinggang orang dewasa.
  • selalu sediakan kain atau selimut khusus pemadam api yang sudah banyak dijual di ecommerce. Jangan lagi biasakan menggunakan handuk basah, karena untuk api tertentu seperti api dari wajan berminyak terkadang api justru semakin membesar.
  • Sediakan selalu apar di rumah. Terkadang kita berfikir apar hanya untuk hotel dan kantor, padahal di rumah tempat kita tinggal adalah tempat paling penting. Tempat kita dan orang-orang tercinta berada dan bergelut dengan aktivitas setiap saat.
  • Gunakan pengaman lengkap seperti sarung tangan karet saat kita bersentuhan dengan bahan kimia. seperti cairan pembersih kamar mandi dan cairan pembersih lainnya yang terkadang tanpa sadar kita nggap sepele
  • Saat menurunkan panci ata wajan panas, gunakan serber atau pelindung tangan dua sisi untuk keamanan maksimal. Jangan satu serbet atau kain ditarik jadi dua bagian.
  • Saat akan memandikan anak, jangan langsung dibawa anak ke kamar mandi sebelum kita selesai dengan aktivitas tes suhu air, apakah sudah cukup aman untuk memasukan anak ke dalam bak berisi air hangat tersebut. 
Banyak kejadian anak terkena air panas adalah karena kita masih wara-wiri menyiapkan air dan anak sudah kita bawa berada di sekitar bak mandi. Dan kita lupa air tersebut belum dicampur air dingin.


Kandungan dan manfaat Saleb Luka Bakar MEBO

Dan yang peling penting tentu saja sediakan MEBO dalam P3K kita. Sebagai rasa cinta, perlindungan keluarga dan tanggung jawab terhadap orang tekrasih, kadang salah satu ungkapan cinta bisa kita lakukan dengan cara "Melindungi mereka dengan baik dan benar". Bahkan sebelum hal-hal tidak diinginkan terjadi, antisipasi adalah yang terbaik.

Salah satunya dengan menyiapkan MEBO untuk meminimalkan resiko luka bakar ringan saat berktivitas di rumah. Untuk berbahagia dalam berkativitas tanpa rasa khawatir di rumah. Saleb dengan zat aktif Sesame Oil, Beeswax, Coptidis rhizoma, Phellodendri chinensis, Scutellariae radix membantu merawat luka bakar terutama pada masa krusial 4 jam pertama setelah terjadi kecelakaan luka bakar.

Sejak peristiwa Ibu maret lalu, saya selalu menyediakan MEBO dalam kotak P3K saya. Meski Alhamdullillah sampai sekarang saya belum pernah memakai MEBO (Kalau bisa ya jangan pernah, biar sebagai "penjaga" saja dalam kotak P3K), namun pengalaman IBU menggunakan benar-benar membuat saya yakin memilih MEBO. Bulan lalu saat arisan di rumah kakak di Bekasi yang mengharuskan saya harus di dapur dua hari full, saya juga membawa MEBO serta. 


Kandunga mederma yang terbukti aman untuk kulit ASIA 

Dengan fungsi utama sebagai anti-inflamasi, anti-infeksi, dan membantu regenerasi sel, MEBO adalah salah satu pilihan sahabat Ibu terbaik di rumah dalam menjaga keluarga tercinta.

Dan di Women's Gathering "Regret Comes Later" Bebas Beraktivitas di Rumah dengan Meminimalkan Resiko Luka Bakar Ringan  saya jadi tahu kalau MEBO memiliki "saudara" dalam perawatan luka bakar, yaitu mederma. 

Yang fungsinya menghilangkan bekas luka baru yang telah sembuh atau menyamarkan bekas luka lama. Se-selow ini saya hidup sampai tidak pernah tahu ada mederma. Padahal sudah sekitar 4 tahun belakangan memiliki luka scar bekas operasi usus buntu.

Dengan kandungan utama Cepalin Onion Extract, Allantoin dan Aloe Vera mederma memiliki fungsi utama Anti peradangan, memperbaiki tampilan dan struktur skar, menghidrasi dan mengurangi rasa gatal serta melembabkan dan mencerahkan.

Jadi untuk para Ibu di rumah, yuk ekspresikamln cinta untuk orang terkasih agar bisa beraktifitas dengan bahagia dan tanpa rasa khawatir di rumah dengan menyediakan MEBO dan mederma dalam kotak P3K.

27 komentar:

  1. Duh duh duh Emaaaak...serrem ya kompor meledak, yaa Allah.. untung ga kenapa napa emaknya, tapi kok ya dibawa ke dokter mboten purun tho yo!

    Apa waktu itu langsung disiram air mengalir juga mak icoel? untung sedia MEBO yang anti-inflamasi, anti-infeksi, dan membantu regenerasi sel,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah bosan sama RS katanya, karena oenderitabdarting, oernah TB juga bertahun2,akanya eneg sama RS :D

      jadi kalau sakitnya gak sampe bikin gak bisa bangun dari kasur, pasti menolak ke RS


      Katanya disiram air kran, tapi cuma sebentar, trus diolesi odol, besoknya baru beli saleb merek lain

      Setelah aku kirimin MEBO baru dia ganti ke MEBO

      Hapus
  2. Bener maak di rumah itu lebih ngeri ada air panas dan barang2 macem2 yang bisa kepegang bocaah. kai kmrn megang panci paans teriak2, huhu. Produk2 kayak gini membantu banget

    BalasHapus
  3. Yup yuppp, kudu sedia MEBO dan MEDERMA di kotak P3K karena emang kita ga tau kejadian apa yg bakal menimpa di dapur ya Mak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Aku biasanya juga cuman disiram air mengalir aja kalau kena luka bakar. Sembuhnya lama. Kudu sedia Mebo kayaknya di rumah. Apalagi kalau habis goreng ayam atau ikan, pasti lah kena tu kecipratan minyak panas. Eniwe, dirimu aslinya Jawa ta, Mak? Kok Ibu fasih amat ngomong Jawanya hihihi

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ya Ibu membaik tangannya, Mak. Mebo oke banget yak. Noted, deh.

    BalasHapus
  6. Wah, penting ini untuk sedia Mebo di rumah. Aku beberapa kali nyenggol oven panas pas manggang pizza. Bekasnya masih ada di lengan, hiks.

    BalasHapus
  7. Iya ternyata banyak bahaya mengintai ya Mak di rumah, kudu waspada apalagi kalau masih punya anak kecil yang aktif..sedia Mebo di rumah..

    BalasHapus
  8. Nah, jadi kalau luka bakar atau kena panas sekarang bisa oles MEBO ya mba. Selama ini kan ada yang bilang kasih air dingin aja dulu atau malah dulu pas kecil dikasihnya odol kalo kena panas dikit

    BalasHapus
  9. pada acara serupa di surabaya, saya datang dan senang sekali jd dapat banyak ilmu yg bs diterapkan di rumah agar bebas dr bahaya luka bakar

    BalasHapus
  10. satu salep wajib buat di taruh di kotak P3K ni ya mba.. Buat jaga2 klo kena percikan minyak atau kadang nggak sengaja nyentuh knalpot motor

    BalasHapus
  11. Penting sekali ini sedia mebo dan mederma di kotak p3k. Secara di rumah bisa aja terjadi kecelakaan luka bakar ya

    BalasHapus
  12. Wah jadi ini MEBO bisa mengobati luka bakar ya mak, jadi harus ada di kotak P3k, baik di rumah, mobil juga harus tersedia

    BalasHapus
  13. Aku punya pengalaman waktu TK pernah kebakar bagian dada mba sehabis mainan lilin warna-warni. Untungnya cuma sedikit nggak menjalar ke bagian lain. Sebulan nggak sekolah dong. Dulu belum ada MEBO, jadi diobatin pake obat tradisional. Alhamdulillah nggak ada bekas lukanya. Cuma tetep harus sedia salep MEBO gini di rumah buat jaga-jaga yaa.

    BalasHapus
  14. Kayaknya aku juga harus sedia MEBO ini deh di rumah, secara aku kan juga sering masak dan kerja di rumah. Selama ini cuma ngandelin odol aja kalo ada kecelakaan seperti luka bakar gitu..

    BalasHapus
  15. Owalaa.. Berarti kalau misal kena knalpot motor gak usah dikasi odol lagi.. Cukup dikasi mebo ini ya mak... Mau beli ah...

    BalasHapus
  16. Ya Allah Ibu serem banget, keadaannya sama banget nih kalau masak di desaku masih banyak yang menggunakan kompor minyak atau dengan kayu bakar, belum banyak yang memakai kompor gas..

    Ngomongin Mebo, aku lihat di atas foto bekas jaitan sectio persis banget kaya bekas luka ku yang menjadi keloid. Sampai rasa gatal kadang masih suka muncul

    Aku jadi tertarik nyobain Mebo

    BalasHapus
  17. Ini pasti banyak diburu secara banyak case yang bisa menyebabkan bekas luka, dulu orang bisa aja cuek soalnya belum ada obatnya, sekarang kan penampilan itu penting dan kalo ada bekas luka kadang bisa bikin kurang percaya diri, mebo membantu mengatasi ini ya mak

    BalasHapus
  18. Sekarang tambah satu p3k yg mesti simpen d rumah,,buat jaga2 ya mak.. Masak kena minyak panas kadang gakk sengaja bisa kena juga

    BalasHapus
  19. Jaman dulu tuh gitu ya mak kalao kena luka bakar pake odol, aku juga gak ngerti khasiatnya apa. Tapi kalau sekarang informasi makin update jadi tau deh kalau luka bakar bisa langsung diobati pakai MEBO supaya bekas lukanya cepat hilang

    BalasHapus
  20. buibu harus punya saleb ini ini di rumah. kadang mask telor ceplok aja, minyak sampai ke muka. Coba deh aku cari nanti di apotik

    BalasHapus
  21. Ya Allah, Mak, bacanya jadi ikut sedih deh. Dulu nenek saya juga pernah tersiram air panas lukanya sampai satu lengan gitu. Dan dulu nggak tau obatnya untuk luka bakar gitu kan ya paling dikasih odol, entah dari zaman kapan ya mitos itu bermula. Alhamdulillah sekarang mah ada MEBO ya jadi nggak terlalu khawatir, soalnya namanya musibah meski kita sudah hati-hati tetap saja datangnya tak terduga. Semoga Ibunya Mak Icoel sehat selalu dan nggak lupa lagi naruh korek, ya. Hehe.

    BalasHapus
  22. Suka sedih ya mak, kalau ibu sampai sakit. Aku keingetan dulu, pas jauh dari Chantika dia juga kesiram air panas. Andai kenalan sama produk ini sejak lama. Jadi ga khawatir ya. Kudu beli

    BalasHapus
  23. Kayaknya selain khasiat dari saleb Mebo, dikirim pakai cinta itu makin mujarab obatnya. ^_^

    Mak2 emang taunya kalau kena luka bakar langsung kasih odol ya. Skrg odolnya ganti namanya Mebo, khusus kalau luka bakar.. xixixi..

    BalasHapus
  24. Ya Allah semoga Emaknya Mak Icoel dah sehat dan beraktivitas lagi ya
    Ku baru tahu Mebo seefektif ini. Beneran mesti ada di kotak P3K nih.
    Kalau Mederma, dah dipakai anakku pasca operasi usus buntu. Dan bagus memang hasilnya ngilangin bekas luka

    BalasHapus
  25. Di rumah nyediain mederma. Suka dengan produk-produk dari Combhipar, harganya terjangkau.

    BalasHapus
  26. Score ulasannya aja bagus, ngga salah kalau produk ini emang recommended banget sih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...