Pages

Jumat, 01 April 2016

My Kid, My Hero



 
Setiap anak adalah pahlawan, terutama untuk orangtuanya :D

“Icha, mama kerja apa?”
“Mama Icha itu Emak Blogger, yang nulis di laptop itulo”

Sedarhana namun cukup mengharukan, di usianya yang baru 6 tahun lebih Icha sudah bisa mendifinisikan apa kegiatan saya. Padahal saya tidak pernah mendefinisikan blogger sebagai sebuah pekerjaan, tapi hobi yang luar biasa dan sesuai passion saya. Tapi itulah jawaban yang diberikannya kepada siapa saja yang bertanya tentang aktivitas saya.

Di usianya yang sekarang, setiap saya mulai duduk di meja dan membuka laptop untuk menulis blog, mengerjakan pekerjaan terkait dengan komunitas dan lain-lain yang harus online Icha sudah mengerti dan berkata “Mama mau nulis? Icha main di depan ya biar nggak ganggu”. Meski sesekali tetap balik juga minta jajan dan sebagainya ya :D


Tapi apapun, itu salah satu kebahagiaan saya sebagai orang tua, melihat pertumbuhan buah hati yang mengerti dan memahami apa yang saya lakukan, apa yang saya kerjakan dan sedikit tahu aktivitas saya. Meski belum bisa dikatakan sempurna karena usia yang masih anak-anak.



Semua saya lakukan dengan konsep “membiasakan”, menjawab dengan seksama setiap yang dia tanyakan tentang aktivitas saya. Seperti saat akan keluar, saya akan pamit dan menjelaskan semampu saya sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya untuk menangkap. Dan ini saya anggap pengajaran positif untuk Icha mengenal dunia saya, Ibunya. 

Ini menimbulkan kebahagiaan tersendiri yang tak terkira dalam hati saya. Membuat saya selalu terpacu untuk berjuang semampu saya memperjuangkan dan membimbingnya menuju  masa depan yang terbaik.

Dan ternyata saat menghadiri gathering & talk show yang diadakan Bebelac di Bebehero Park Mall Kota Kasablanka pada 26 Maret 2016, yang mengangkat tema “Bebehero Dukung Ibu Membesarkan  Anak Hebat” saya mendapat pemahaman yang jauh lebih dalam lagi. 



Tentang semua anak yang sebenarnya adalah pahlawan, paling tidak bagi kita orang tuanya. Seorang anak, sangat penting memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi yang seimbang. Penting seorang anak memiliki empati pada lingkungan di sekitarnya. Dan ini merupakan bagian penting yang membantu kesuksesannya di masa depan.

Menghadirkan nara sumber Ibu Andi Airin, Sr. Brand manager Bebelac, Mbak Roslina Verauli, M.psi dan Pesepak Bola Nasional Bambang Pamungkas, diskusi yang seru ini juga merupakan rangkaian kampanye Bebehero Dukung Ibu membesarkan Anak Hebat. 



Sharing pertama dari Bu Andi Airin yang menjelaskan tentang Kampanye Bebehero yang mengajak para Ibu terus belajar dan memahami bagaimana cara membimbing dan mengembangkan kecerdasan buah hati, serta menumbuhkan empati melalui pengenalan pada nilai-nilai kebaikan melalui aktivitasnya sehari-hari.

Bu Andi juga berbagi kisah bagaimana kebahagiaan Belaiu saat setiap pulang kerja selalu ditunggu oleh buah hati yang sudah mulai hapal dengan jam kerjanya. Saat beliau merasa lelah dengan rutinitas sehari-hari dan semua akan hilang saat melihat sambutan hangat buah hati.

Ibu Andi juga menjelaskan tentang Bebelac yang meyakini nilai kebaikan untuk menciptakan sikap kepahlawanan harus dipupuk sejak dini dengan memberikan stimulus yang tepat. Baik melalui asupan nutrisi yang tepat , maupun dalam tindakan sehari-hari. 



Untuk asupan gizi, dibutuhkan nutrisi tepat diantaranya mengandung Minyak Ikan dan Asam Linoleat serat vitamin dan mineral yang bisa didapat dari sayur, lauk pauk, serta susu. Bebelac adalah salah satu pilihan karena diperkaya vitamin dan mineral untuk mendukung tumbuh kembang si kecil secara optimal. Termasuk Vitamin A, zat bei, zinc, iodium dan kalsium.  

Pada sharing berikutnya dari Mbak Vera, yang beberapa kali berjumpa saya sangat suka cara beliau menyampaikan gambaran dan pesan tentang parenting dan bimbingan, aktivitas serta contoh apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan intelektual dan tak kalah penting kecerdasan emosi dan sosial anak.


Bahkan saat pertama membuka sharing, Mbak Vera sudah langsung memberi tantangan ke seluruh mom blogger yang hadir. Melakuka games yang bertujuan untuk membuat mom blogger memaknai kerjasama, saling terhubung satu sama lain dan sigap dalam memenuhi target. Dan grup kami menang dong *bangga* :D

“Empati adalah nilai kebaikan yang dimiliki anak dan merupakan gerbang aksi kepedulian anak anak kepada orang lain. Karena itu harus dipupuk sejak dini karena akan mempengaruhi watak atau kepribadian dan perilaku anak saat dewasa kelak” ujar Mbak Vera.



Sharing berikutnya dari Bambang Pamungkas. Pesepak bola nasional yang sudah pensiun dari Timnas ini berbagi kisah tentang perannya di lapangan yang juga ayah dari tiga putri. Memberi pengertian ke buah hati yang sering bertanya kenapa berbeda antara dirinya di palangan dan di rumah merupakan hal-hal kecil tapi penting untuk membangun kemampuan memahami emosi dan sosial untuk anak.

Bambang menceritakan bagaimana tantangan terbesarnya sebagai orang tua adalah bagaimana cara mmemunculkan aksi hebat anak. Melakukannya dalam keseharian adalah salah satu usahanya memberi contoh, seperti membantu orang di jalan yang mobilnya mogok hingga mengajak buah hati terlibat dalam kegiatan Yayasan yang didirikannya.

Dari sharing ini ada beberapa catatan penting yang bisa jadi contoh dan panduan para orang tua mendampingi buah hati, sehingga tidak hanya cerdas secara intelektual tapi juga cerdas emosi dan memiliki empati.



Menanamkan perilaku baru pada anak

Untuk mengajarkan hal ini, pertama komunikasikan dengan buah hati hal-hal yang harus mereka lakukan dan ketahui. Seperti “Sudah besar dan harus belajar melakukan melukan beberapa pekerjaan sendiri, seperti merapikan tempat tidur”.

Selanjutnya ajak buah hati sepakat dengan beberapa aturan dan perjanjian, contohnya “Kalau selama seminggu melipat selimut sendiri tanpa disuruh, nanti diajak renang”.

Kenali modalitas atau kemampuan anak dalam menangkap penjelasan yang kita berikan. Apakah baik secara visual, yaitu lebih terbantu saat diberi contoh yang dapat dilihat dan ditiru. Baik secara Auditori yaitu anak yang cepat tanggap melalui ucapan secara langsung. Atau Kinsetetik yaitu anak yang harus diberikan keleluasaan mengeskplore banyak hal dengan caranya sendiri.

Selanjutnya beri masukan atau apresiasi. Seperti “Wah hebat, sudah bisa merapikan tempat tidur sendiri”. Anak akan merasa bangga dan berusaha untuk terus melakukannya.

Menanamkan nilai-nilai agar anak memiliki aksi hebat

Mayoritas anak masih berfikir sangat konkrit, sehingga terkadang butuh cara dan trik tersendiri untuk menjelaskan sesuatu agar mudah diterima. Sebagai orang tua, kita dapat memberikan penjelasan dengan cara berikut : 


  • Story telling, membaca buku cerita berisi kisah tokoh yang senang menolong orang laindan mengaitkannya dalam kegiatan sehari-hari.
  • Role play atau bermain peran. Mengajak anak berimajinasi dengan dengan bergantian erperan sebagai orang yang membutuhkan.
  • Modeling atau memberi contoh. Ini adalah bagian paling penting untuk orang tua. Jangan hanya bisa meminta dan menyuruh kepada buah hati. Tapi yang terpentinga dalah memberi contoh secara langsung. Karena sejatinya anak mudah meniru apa yang mereka lihat.

Untuk memupuk aksi hebat anak, jangan lupa memberi pujian saat buah hati berusaha atau telah membantu orang lain. Memberi kesempatan untuk terus mencoba membantu orang lain. Mengajaknya terus berdiskusi saat melihat orang lain membutuhkan bantuan. Dan pembiasaan atau tradisi dalam keluarga untuk terus melakukan aksi sosial.

Dari semua ini yang terpenting memberi pemahaman kepada buah hati bahwa kunci penting aksi hebat anak adalah Kepahlawanan. Yaitu tindakan yang dilakukan dengan rasa sukarela dan tidak mengharap imbalan.

Saat anak-anak memahami hal ini, maka dengan mudah membentuk 5 Nilai Kepahlawanan yaitu :

  • Altruis, rasa ingin membantu orang lain
  • Empati, kemampuan mengerti perasaan orang lain
  • Percaya diri, anak yang mudah membantu orang lain adalah anak yang memiliki kepercayaan diri yang baik. Dia percaya bahwa dirinya mampu untuk membantu.
  • Berpikiran positif, nilai ini akan membawa anak selalu positif dan optimis sehingga mampu memandang segala masalah dari berbagai sisi dan percaya semua kesulitan ada jalan keluarnya.
  • Gigih, anak tidak akan mudah menyerah dalam berusaha menolong kesulitan orang lain.

Hal positif apa saja sih yang diperoleh saat anak melakukan aksi hebat dan kepahlawanan?

Selain menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua, bermanfaat untuk orang banyak, aksi hebat anak juga memberi manfaat di antaranya :


  • Meningkatkan rasa peka dan menghormati kebutuhan oarng lain.
  • Mengasah kemampuan anak memecahkan masalah. Bahwa satu masalah dapat diselesaikan dengan beragam cara.
  • Menambah rasa percaya diri anak, yang mana akan memberi perasaan bahwa dirinya bermanfaat bagi orang lain dan sekitarnya.
  • Membuat anak semakin termotivasi berbuat baik, yang mana akan menjadi kebiasaan baik hingga anak dewasa.

Tak lupa, pesan penting bahwa semua bisa dterwujud dengan peran serta aktif semua pihak dalam keluarga. Dari si anak sendiri dan kedua orang tua. Tidak hanya pihak Ibu, tapi juga ayah. Memberi contoh dalam keseharian dan menjadi kebiasaan sangat penting dilakukan.

Percayalah mom, bunda, emak dan Ibu semua, dengan cara, pengajaran dan contoh yang tepat setiap anak akan tumbuh menjadi pahlawan dengan aksi hebat masing-masing. Paling tidak untuk kita, orang tua di lingkungan terdekatnya.  My Kid, My Hero



Sekilas tentang Bebeheropark

Tempat bermain yang dibuat oleh Bebelac di Mall Kota Kasablanka dengan menghadirkan 14 jenis permainan untuk bisa dimainkan oleh anak-anak dari 3-6 tahun. tempat bermain yang bisa menggambarkan dan mengajakrkan bagaimana anakk-anak harus menumbuhkan rasa empati.
Karena di sini anak-anak saat bermain harus membaur dengan anak-anak lainnya. Penting menunjukan dan mengajarkan pada mereka untuk memahami makna antri, bergantian dan saling menjalin kebersamaan. Dan semua bisa dilakukan di BebeheroPark.



Punya kisah dan pengalaman kisah Kepahlawanan Buah hati?

Bagi yang memiliki cerita buah hati dengan aktivitas kepahlawananya, aksi hebat dan cepat tanggapnya bisa share di http://bebeclub.co.id/growthemgreat/. Bisa juga dalam bentuk foto atau video. Dan hadiah keren menanti, mulai dari emas setiap minggunya hingga menjadi bintang iklan Bebelac dan Liburan ke Australia.
Jadi tunggu apalagi, buruan share cerita, foto dan video aksi hebat buah hati ya :D

10 komentar:

  1. Maak, makasih sharingnya. Jadi nambah ilmu. Kalau aku terbiasa mmuji anak setiap kali melakukan sesuatu yang baik. Smoga anak-anak menjadi makin hebat dan bangga dengan dirinya yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 makk, jadi orang tua emang terus belajar tanpa akhir yess ^_^

      Hapus
  2. Setiap anak bisa jadi pahlawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, minkmal untuk orang tua & kekyarganya yak ^_^

      Hapus
  3. Waaah eventnya seru bangeeetttt. Mau ikutan juga ah uplod kisah kepahlawanan anak-anak aku. Hihi. Makasi infonya mak Icoel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayukk buruann ikutan, aq doain menang yaa :*)

      Hapus
  4. aku belom punya anaaak, doainnnn nanti kalo udah nikah langsung cpet dapet anak yahh *curhatan anak kelahiran 94* wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aeehh, nikah muda juga kece kok klo emang siap hahaha :))

      Hapus
  5. Kayaknya seru tuh mbak kalo bawa anak sendiri main di tempat ini, sayangnya saya belum menikah nih mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoha lekas menikah yah, karena mengajak anak bermain di Bebehero Park begini emang sero loh :P

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...